Menumbuhkan Jiwa Demokratis Perempuan, Kohati HMI Ushuluddin Gelar Dialog Publik

By Syukur 30 Mar 2019, 23:47:06 WIB Pendidikan
Menumbuhkan Jiwa Demokratis Perempuan, Kohati HMI Ushuluddin Gelar Dialog Publik

Keterangan Gambar : Para narasumber menyampaikan materinya pada kegiatan dialog publik Kohati HMI Ushuluddin UIN


MAKASSARNEWS.COM – Kors HMI Wati (KOHATI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ushuluddin, Filsafat, dan Politik Cabang Gowa Raya menggelar Dialog Publik di Warkop 52, Jalan Tun Abd Rasak, Herstasning, Gowa. Sabtu (30/03/2019) malam.

Kegitan ini mengangakat tema “Peran Perempuan Dibalik Bilik Suara” yang dihadiri beberapan narasumber dari calon anggota dewan, akademisi,dan pengamat politik.

Ketua Umum Kohati HMI Ushuluddin mengatakan, digelarnya dialog ini guna membuka ruang dialektika  bagi kaum perempuan, terkhusus bagi perempuan millenial. Bahwa perempuan, kata dia, bukan sekedar mengurus  urusan rumah tangga. Tapi perempuan juga harus menumbuhkan jiwa demokratis dalam dinamika sosial-politik.

“Kami melihat, kaum perempuan juga mememiliki peran sebagai pembaharu bangsa dan negara. Karena perempuan itu harus merdeka, bukan menjadi budak dari legitimasi kekuasaan patriarki. Terlebih lagi, perempuan pemimpin masa depan bangsa ini” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, peserta dan narasumber berdiskusi dan berdialektika untuk membahas  posisi dan peran perempuan dalam menyuarakan demokrasi, serta mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan di ruang-ruang publik.  Pada momentum pesta demokrasi kali ini, apakah perempuan mampu memberikan suatu perubahan yang signifikan atau sekedar menjadi penikamt kaum lelaki?.

Menurut Chandra Mardika Saputra, Caleg DPRD Provinsi Sulsel Dapil 1 Makassar A salah satu politisi dari partai Demokrat.  Beliau mengatakan, konstribusi dan sumbangsi perempuan sudah mencapai 80 %. Itu terlihat saat perempuan berkecimpun dalam beberapa organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, dan sosial-politik.

“Saya melihat, bahwa perempuan harus diapresiasi, karena kebanyakan  dari mereka mengambil peran di ruang –ruang publik, apalagi kan sekarang ini, banyak kaum peremuan maju sebagai calon legislatif. Itu artinya, mereka mampu memperlihatkan kepada publik sebagai kaum intelek, pemberani, dan memiliki jiwa petarung. Antara laki-laki dan perempuan harus terjalin kesetaraan gender, keseimbangan,dan keadilan sehingga tercipta kesadaran hak dan tanggung jawab diatara kedua insan ini. Bukan adanya pembiaran intimidasi dan penjajahan terhadap perempuan” tegasnya disela sela dialog berlangsung, Sabtu (30/3).

Hal senada disampaikan oleh politisi muda, Henni Handayani, caleg DPRD Kota Makassar yang juga aktifis pemerhati perempuan. Henni menjelaskan, perempuan harus manpu menyesuaikan tanggung jawab primer dan sekunder baik di ruang publik maupun pada rana domestik.

“Saatnya perempuan mengambil peran, terkhusus bagi generasi millenial. Perempuan harus kuat, jangan suggesti diri bahwa perempuan kelompok yang lemah dan termarjinalkan,. Pada dasarnya, perempuan memiliki derajat yan diperhitungkan, karean di rahimnya lahi pemimpin dan ummat. Nah, perempuan harus berkonstribusi dan menjadi penentu dabalik dinamika perpolitikan bangsa Indonesia. Ide dan pemikiran sangat dibutuhkan demi kemajuan bangsa dan negara” pungkasnya

Adapun narasumber hebat yang dihadirkan diantaranya, Dr.dr.Ulla Nuchrawaty ,MM (Caleg DPR RI), Capt.Chandra Mardhika Saputra, S.SiT.,M.MTr (cALEG dprd Prov. Sulsel), Henni Handayani,SE (Caleg DPRD Kota Makassar), Dr. Anggriani Alamsyah,S.IP.,M.SI (Dosen Ilmu Politik), Muhajir, MA (Akademisi dan Penggiat Paradigma Institute), Salmia, S.I.kom (Bendahara Umum Kohati HMI Gowa Raya).

 

Penulis: Syukur

Editor: Rahmad Adri

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden dan Wakil Presiden Favorit Anda?
  Jokowi - Ma'ruf
  Prabowo - Sandi
  Siapa caleg DPRD anda di Sulsel?

Komentar Terakhir

  • Didi

    Mantap saya pendukung utama dan saya yakin pasti menang ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video