Pemkot Makassar Kewalahan Soal Aturan Truk

By Syukur 12 Mar 2019, 02:53:48 WIB Metropolitan
Pemkot Makassar  Kewalahan Soal Aturan Truk

Keterangan Gambar : Kemacetan panjang disebabkan oleh truk di Jalan AP Pettarani Makassar


MAKASSARNEWS.COM – Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) telah lama membuat aturan tentang pelarangan truk untuk melintas di kawasan perkotaan. Namun hingga saat ini terlihat belum terealisasi karena masih banyak truk yang melintas di jalan tersebut. Selasa (12/03/2019).

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iqbal Asnan mengatakan bahwa pelarangan lewatnya truk ini sudah ada dalam perwali. Namun yang ada di dalam perwali saat ini hanya truk tertentu saja. Sementara truk lainnya memang belum ada aturannya.

Saat ini truk yang dilarang melintasi jalan tersebut sesuai Perwali dikatakan Iqbal hanya pada truk tonase 8 ton dan rembang 10. Sementara untuk aturan truk lainnya, ia mengatakan baru akan mengkajinya lebih lanjut.

“Pelarangan ini butuh regulasi. Regulasi sekarang tidak sampai ke semua truk. Hanya tonase 8 ton saja dan rembang 10 atau 10 roda, kecuali truk yang membawa sembako. Ada di perwali itu,” kata Iqbal dilansir dari beritakotamakassar.fajar.co.id (11/03/2019).

Lanjut Iqbal, pada bulan ini dirinya baru akan mendiskusikan regulasi untuk mendorong perwali baru. Dimana didalamnya akan membahas lebih detaill tentang pelarangan truk melewati jalan tertentu.

Namun baginya hal ini tidak mudah. Ia akan memanggil beberapa pihak untuk bersama mendiskusikan. Mulai dari pemangku kepentingan, pengusaha bahan bangunan, hingga praktisi-praktisi hukum sampai NGO untuk merumuskan bersama.

“Karena Makassar juga kota yang sementara membangun. Jadi kita juga tidak mau mematikan usaha. Keberadaan truk kemudian akan kami buat tak menjadi masalah,” tambahnya.

Diskusi yang bertujuan mendorong terciptanya perwali ini membutuhkan beberapa masukan. Karena selain kajian soal melintasnya truk di Jalan AP Pettarani, akan juga didiskusikan mengenai jalur mana saja yang tidak boleh dilalui truk.

“Bulan ini rencananya akan mendiskusikan regulasi lagi. Mendiskusikan lebih detail untuk mendorong perwali baru. Kita juga akan batasi di wilayah-wilayah tertentu truk memang tak boleh lewat,” tutupnya.

 

Penulis: Syukur

Editor: Resky Ameliah




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden dan Wakil Presiden Favorit Anda?
  Jokowi - Ma'ruf
  Prabowo - Sandi
  Siapa caleg DPRD anda di Sulsel?

Komentar Terakhir

  • Didi

    Mantap saya pendukung utama dan saya yakin pasti menang ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video